bisnis yacob

Snoopy

Posted on: Mei 13, 2009


Anjing peliharaan Schulz sewaktu masih kecil, Snooky dan Spike dijadikan model untuk tokoh Snoopy.[1] Produser animasi Bill Melendez mengisi suara Snoopy dan juga Woodstock dalam film animasi yang dibuat untuk acara spesial di televisi dari tahun 1965 hingga 2006.
Snoopy adalah tokoh fiksi berupa anjing jenis beagle peliharaan Charlie Brown dalam strip komik Peanuts karya Charles M. Schulz. Pada dua tahun pertama kemunculannya, tokoh Snoopy hanya digambarkan sekadar sebagai seekor anjing biasa, tapi perlahan-lahan Snoopy dijadikan karakter yang bisa “berbicara”. Balon teks Snoopy berisi hal-hal yang “sedang dipikirkannya”, sehingga Snoopy bisa berkomunikasi.
Sejarah

Snoopy pertama kali dimunculkan tanggal 4 Oktober 1950 (hari ke-3 pemuatan perdana strip komik Peanuts). Namun, Snoopy baru diberi nama pada 10 November bulan berikutnya. Pada mulanya, Schulz ingin menamakannya “Sniffy”[2], tapi tidak jadi karena nama tersebut sudah dipakai strip komik lain. Selama dua tahun pertama, Snoopy digambarkan sebagai karakter yang tidak berbicara. Baru pada tanggal 27 Mei 1952 Snoopy digambarkan berikut balon teks yang berisi hal-hal yang sedang dipikirkannya. Teknik tersebut terus digunakan Schulz agar pendapat dan keinginan Snoopy diketahui pembaca. Tokoh-tokoh lain dalam strip komik Peanuts juga bagaikan memiliki kemampuan khusus membaca pikiran dan menanggapi keinginan Snoopy.

Dalam film animasi, hal-hal yang sedang dipikirkan Snoopy tidak diungkapkan dengan kata, melainkan geraman, ratapan, atau tawa, bagaikan sebuah pantomim. Film spesial You’re a Good Man, Charlie Brown and Snoopy!!! The Musical merupakan pengecualian. Dalam dua film tersebut, Snoopy bisa berbicara dengan pengisi suara Robert Towers dan Cam Clarke.

Identitas Snoopy sebagai anjing beagle pertama kali diungkap dalam strip komik tanggal 5 Desember 1960. Ketika Snooopy sedang tertidur, Charlie Brown mengulang perkataan Gertrude Stein: “Beagles on the grass, alas. (Beagle di atas rumput, huh).” Snoopy membalas, “I ain’t no stupid beagle (Aku bukan beagle bodoh).”

Di antara gambar Snoopy yang banyak dikenang orang adalah ketika Snoopy sedang melamun menjadi seorang penulis. Kata pembuka yang selalu digunakan untuk novel yang sedang ditulisnya berbunyi, “It was a dark and stormy night… (Malam itu gelap dan sedang turun badai.” Kalimat tersebut merupakan cuplikan dari novel tahun 1930-an karya Edward George Bulwer-Lytton yang berjudul Paul Clifford. Humor strip komik Peanuts berasal dari perbedaan kontras antara keberadaan Snoopy di alam mimpi dan perannya di alam nyata sebagai anjing peliharaan Charlie Brown.
dari wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: