bisnis yacob

Indiana Jones

Posted on: Mei 10, 2009


Dr. Henry Walton Jones, Jr.[1], lebih dikenal sebagai Indiana Jones atau Indy adalah seorang tokoh fiktif yang digambarkan sebagai petualang, tentara, profesor sejarah dan arkeologi, dan protagonis utama dari seri Indiana Jones. Nama Indy diambil dari nama anjing peliharaannya. George Lucas membuat karakter ini sebagai penghormatan pada para pahlawan film aksi dari tahun 1930-an. Indiana Jones muncul pertama kali di film tahun 1981 yaitu Raiders of the Lost Ark. Film ini diikuti oleh Indiana Jones and the Temple of Doom di tahun 1984, Indiana Jones and the Last Crusade di tahun 1989, The Young Indiana Jones Chronicles dari tahun 1992 sampai dengan 1996 , dan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull di tahun 2008. Selain dari pemunculannya di televisi dan film, karakter ini sudah ditampilkan di novel, komik, permainan video, dan media lainnya. Karakter ini juga ditampilkan wahana Indiana Jones Adventure yang berada di Disneyland dan Tokyo DisneySea.

Karakter ini paling terkenal dimainkan oleh Harrison Ford. Dia juga pernah dimainkan oleh River Phoenix (sebagai Jones yang masih muda di Indiana Jones and the Last Crusade), dan di seri televisi The Young Indiana Jones Chronicles oleh Corey Carrier, Sean Patrick Flanery, dan George Hall. Doug Lee telah mengisi suara Jones di dua permainan video LucasArts, Indiana Jones and the Fate of Atlantis dan Indiana Jones and the Infernal Machine, Sementara David Esch mengisi suara di Indiana Jones and the Emperor’s Tomb. Tom Selleck sebenarnya ditunjuk untuk memainkan Jones, tetapi karena sibuk dengan Magnum PI, Selleck diganti dengan Ford. Pakaian yang terkenal dari karakter ini didesain oleh Jim Steranko. Jones sangat terkenal oleh cambuk, fedora, jaket kulit, dan ketakutannya

Pemunculan

Sejak diperkenalkan pertama kali dalam film 1981 Raiders of the Lost Ark (judulnya diganti di kover kotak VHS dan DVD menjadi Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark), dia telah muncul di tiga film lagi, serial televisi, novel, komik, permainan video, permainan peran, dan bahkan nama wahana bermain.

[sunting] Film
Indiana Jones

Indiana Jones yang dimainkan oleh Harrison Ford, pertama kali dikenalkan dalam film tahun 1981 Raiders of the Lost Ark yang mengambil latar belakang cerita pada tahun 1936. Dia ditampilkan sebagai petualang seperti pada serial film pada tahun 1930-an, dan punya kepribadian lain yaitu Doktor Jones, seorang ahli arkeologi terhormat di Perguruan Marshall (dinamai dari produser Frank Marshall)[2], sebuah universitas fiktif di Connecticut. Di petualangannya yang pertama ini, dia melawan Nazi, mengelilingi dunia untuk mencegah mereka mendapatkan Tabut Perjanjian (Ark of the Covenant). Dia dibantu oleh Marion Ravenwood dan Sallah. Kawanan Nazi dipimpin oleh saingan Jones, seorang ahli arkeologi Perancis bernama René Belloq, dan Arnold Toht, agen Gestapo.
Indiana Jones ketika sedang mengajar

Prekuel yang diproduksi tahun 1984, Indiana Jones and the Temple of Doom adalah film yang berlatar belakang cerita di tahun 1935. Dalam film ini Indiana Jones tampil dalam cerita yang lebih menakutkan, dan pekerjaannya sebagai dosen tidak diceritakan. Ia diceritakan sedang mengelilingi dunia. Cerita berlangsung hampir seluruhnya di India. Kali ini, Jones mencoba untuk menyelamatkan anak-anak yang diculik, dan mengambil sebuah batu Sankara dari sekte Thuggee yang haus darah.

Film ketiganya tahun 1989 Indiana Jones and the Last Crusade mengambil latar belakang cerita di tahun 1938. Film ini kembali ke formula aslinya dengan mengenalkan kembali karakter seperti Sallah dan Marcus Brody, sebuah adegan dari kelas Professor Jones (sekarang dia mengajar di Perguruan Barnett), unsur mengelilingi dunia ke berbagai tempat, dan tentang kepercayaan mistik Nazi dalam mencari Piala Suci (Holy Grail). Pembukaan film ini terjadi di tahun 1912, menceritakan asal-usul dan sifat Indiana Jones, yaitu ketakutannya pada ular, penggunaan cambuk, dan asal mula luka di dagunya, dan juga asal mula topi fedora yang selalu dipakainya, serta ayahnya. Biarpun George Lucas pernah berencana membuat lima buah film, setelah Indiana Jones and the Last Crusade, Indiana Jones istirahat selama delapan belas tahun, karena Lucas tidak bisa memikirkan MacGuffin yang bagus untuk menjalankan film selanjutnya.[3]

Film keempat, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull adalah film paling baru serial Indiana Jones yang mulai diputar 22 Mei 2008. Film ini mengambil latar belakang cerita di tahun 1957. Sembilan belas tahun berlalu setelah film ketiga, Indiana Jones sudah lebih tua dan bijaksana melawan agen Soviet menginginkan kekuatan dari artefak kuno. Penonton kembali menjumpai tema klasik film Indiana Jones, yakni “penjahat yang terobsesi dengan paranormal”. Di film ini, ceritanya sekitar sebuah tengkorak kristal misterius yang ditemukan di Amerika Selatan oleh Harold Oxley (John Hurt), rekan dari Professor Jones. Indiana dibantu dalam petualangannya oleh kekasih lamanya, Marion Ravenwood (Karen Allen), dan seorang anak muda bernama Mutt Williams (Shia LaBeouf).
Indiana Jones di “Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull”

[sunting] Televisi

Dari 1992 sampai 1996, George Lucas menjadi produser eksekutif untuk serial televisi The Young Indiana Jones Chronicles. Film seri ini dirancang sebagai program edukasi untuk anak-anak, dengan ditampilkan tokoh-tokoh sejarah dan peristiwa-peristiwa penting. Ceritanya merupakan prekuel dari film-film Indiana Jones sebelumnya. Dalam setiap episode muncul Jones usia 93 tahun dengan penutup sebelah mata (diperankan aktor George Hall) mengantarkan cerita yang akan disajikan. Cerita berkisar tentang petualangan Jones yang berumur 17 tahun (diperankan Sean Patrick Flanery) atau Jones yang berumur 10 tahun (Corey Carrier), dan bahkan Indy ketika bayi (Neil Boulane). Tokoh sejarah yang ditampilkan termasuk Leo Tolstoy, Pancho Villa, Charles de Gaulle, dan John Ford, di lokasi cerita yang berbeda-beda: Mesir, Austria-Hongaria, India, Cina, seluruh Eropa.
Indiana Jones tua di seri tv “The Young Indiana Jones Chronicles”

Di satu episode, “Young Indiana Jones and the Mystery of the Blues”, Indy dimainkan oleh Harrison Ford, memainkan kembali karakter Indy. Indiana kehilangan salah satu matanya di antara episode ini dan ketika segmen “Indy tua” berlangsung.

Serial televisi ini menceritakan latar belakang dari film-film Indiana Jones, dan juga memberi informasi baru mengenai karakter ini. Dia lahir pada 1 Juli 1899, dan nama tengahnya adalah Walton (nama tengah dari George Lucas). Disebutkan juga bahwa Indy punya saudara perempuan bernama Suzie yang mati ketika bayi karena demam. Hubungannya dengan ayahnya, pertama kali diperkenalkan di Indiana Jones and the Last Crusade, makin dikembangkan dengan cerita-cerita tentang perjalanannya dengan ayahnya ketika dia masih kecil. Kebanyakan dari seri ini menceritakan tentang aktivitasnya di Perang Dunia I.

Pada tahun 1999, Lucas menghilangkan introduksi dan epilog episode oleh George Hall ketika dia mengeluarkan koleksi VHS seri ini. Hal yang sama dilakukan Lucas ketika merilis DVD-nya.

[sunting] Permainan video

Karakter ini telah dimunculkan di beberapa permainan video resmi, dimulai dengan adaptasi dari Raiders of the Lost Ark, Indiana Jones and the Temple of Doom, dan dua buah adaptasi dari Indiana Jones and the Last Crusade (satu dengan bentuk aksi, dan satu lagi berbentuk petualangan dan teka-teki.

Judul-judul permainan video selanjutnya memakai jalan cerita yang sama sekali baru: Indiana Jones and the Fate of Atlantis, Indiana Jones and the Infernal Machine, dan Indiana Jones and the Emperor’s Tomb. Dalam judul-judul tersebut diperkenalkan teman Jones bernama Wu Han, dan petualangan mencari abu Nurhaci yang juga diceritakan di awal film Temple of Doom. Indiana Jones and the Fate of Atlantis dan Indiana Jones and the Infernal Machine dikembangkan oleh Hal Barwood dan menampilkan Doug Lee sebagai pengisi suara Indiana Jones, sementara di Emperor’s Tomb, suara diisi oleh David Esch. Ada juga beberapa permainan video singkat dari Lucas Arts Indiana Jones and His Desktop Adventures. Indy ketika masih muda menjadi tokoh permainan video, Young Indiana Jones and the Instruments of Chaos dan sebuah versi dari permainan video The Young Indiana Jones Chronicles.

Sebuah permainan video Indiana Jones yang baru sedang dalam perkembangan oleh LucasArts.[4]

Permainan video lain, Lego Indiana Jones: The Original Adventures dikeluarkan pada 3 Juni 2008 di AS.[5]

[sunting] Taman bermain

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Indiana Jones Adventure

Wahana Indiana Jones Adventure di Disneyland ((“Temple of the Forbidden Eye”) dan Tokyo DisneySea (“Temple of the Crystal Skull”) mengisahkan Indy berada di situs arkeologis yang hampir serupa. Kedua wahana berlokasi di kuil yang dihuni sebuah makhluk yang mengancam tamu yang menaiki mobil pengangkut pasukan di Perang Dunia II. Kedua wahana Indiana Jones adalah proyek mahal dari Walt Disney Imagineering, dibuka di Disneyland pada tahun 1995 dan DisneySea pada tahun 2001. Di kedua wahana, Disney tidak berhasil mendapatkan lisensi untuk menampilkan Indiana Jones yang mirip dengan Harrison Ford. Walaupun demikian, karakter Indiana Jones muncul dalam bentuk audio-animatronik di tiga titik dalam lokasi wahana.

Disneyland Resort Paris juga menampilkan sebuah wahana Indiana Jones. Pengunjung yang menaiki wahana ini bagaikan berjalan melewati kuil kuno di sebuah kereta yang mirip dengan kereta dalam Indiana Jones and the Temple of Doom. Roller coaster ini diberi nama Indiana Jones and the Temple of Peril.

Indiana Jones Epic Stunt Spectacular! adalah sebuah acara di Disney’s Hollywood Studios di dalam Walt Disney World Resort. Acara ini dipenuhi berbagai adegan berbahaya, dan meminta partisipasi dari para penonton untuk ikut dalam acara ini. Acara berlangsung selama 25 menit. Di dalam acara, para peran pengganti mengungkap beberapa rahasia di balik Raiders of the Lost Ark, termasuk adegan terkenal melarikan diri dari batu-batu besar di bagian awal film.

dari wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: