bisnis yacob

Kabayan

Posted on: Mei 7, 2009


Kabayan merupakan tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang juga telah menjadi tokoh imajinatif masyarakat umum di Indonesia. Polahnya dianggap lucu, polos,tetapi sekaligus cerdas. Cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda dituturkan turun temurun secara lisan sejak abad ke-19 sampai sekarang. Seluruh cerita Kabayan juga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda yang terus berkembang sesuai zaman.

Tokoh Kabayan juga dapat disepadankan dengan tokoh dari Arab, seperti Abunawas atau Nasrudin.

Dalam lakon yang acap ditampilkan, Kabayan menggambarkan seorang laki-laki yang pemalas, lugu, bahkan terkesan bodoh dan tak tahu apa-apa. Menurut Ece Tema figur tersebut memberikan konotasi buruk terhadap perilaku mayarakat Sunda. Karakter ini harus diubah, jika tidak ingin menghilangkan tokoh Kabayan.

Saya jadi berfikir, bukan tidak mungkin banyak legenda, tokoh mitologi atau dongeng, di banyak daerah di Nusantara yang patut dipertanyakan relevansinya dalam era sekarang. Benar bahwa dongeng, mitologi atau cerita-cerita lama tersebut bagian dari budaya kita. Namun bukankah sebuah budaya bukan tidak mungkin berkembang.

from wikipedia
http://thamrin.wordpress.com/2006/08/08/mitos-kabayan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: