bisnis yacob

Tips BlackBerry : Mengamankan Data di BlackBerry

Posted on: April 28, 2009


BlackBerry memang lagi ngentren di kalangan anak muda Indonesia, disamping Facebook dan kedepannya mungkin iPhone. Maka tak herannya bila sekarang pengguna BlackBerry tidak hanya terbatas pada para eksekutif atau pengusaha, anak SMP bahkan SD pun sekarang sudah mulai menggunakan BlackBerry, meskipun dari segi fungsionalitas mungkin hanya menggunakannya untuk sekedar chatting atau facebook-an!

Bila anda salah satu dari sekian banyak pengguna BlackBerry, tips berikut mungkin akan sangat berguna terutama untuk mengamankan data-data penting di BlackBerry anda dan mencegah agar anda terhindar dari pencurian data oleh tangan-tangan jahil yang tidak berkepentingan.

1. Aktifkan Password Protection di BlackBerry

Kebanyakan pengguna BlackBerry terlalu malas atau malah enggan untuk mengaktifkan fitur password untuk melindungi BlackBerry-nya. Alasanya sederhana, karena mereka terlalu malas untuk mengetikkan Password ketika harus meng-unlock BlackBerry saat akan menggunakannya. Padahal fitur ini amat sangat berguna sekali untuk mencegah tangan-tangan jahil menggunakan BlackBerry anda. Pada BlackBerry klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] kemudian set Password pada posisi Enable.

2. Amankan Password dengan Password Keeper

Jangan pernah menyimpan password di Browser BlackBerry anda, selalu gunakan Password Keeper untuk menyimpan password-password penting anda.

3. Enkripsi Data Di Bluetooth

Pada BlackBerry klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] pada Content Protection set Enable kemudian pilih Strenght pada posisi strong, stronger atau strongest sesuai dengan kebutuhan anda. Fitur enkripsi ini juga bisa anda terapkan pada Phone Book Anda, sehingga nomor-nomor penting dan rahasia di BlackBerry akan lebih aman.

4. Matikan Bluetooth jika tidak diperlukan

Dalam kondisi default, Bluetooth di BlackBerry ada dalam posisi ON, untuk itu ada baiknya bila anda segera mematikan Bluetooth bila memang tidak sedang anda pergunakan. Itu untuk mencegah terjadinya Bluetooth hacking atau penyebaran Bluetooth Virus.

5. Bersih-bersih Memory

Klik Menu [Option] – [Security Options] – [Memory Cleaning] ini berguna membersihkan (cache) dari data-data penting misalnya password atau email yang tidak dienkripsi pada memory Blackbery anda.

sumber : http://ome-ai.co.cc///

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: