bisnis yacob

Konstantinopel

Posted on: April 28, 2009





Konstantinopel (nama Romawi: Constantinopolis; bahasa Yunani: Konstantinoupolis atau Κωνσταντινούπολη) adalah nama lama kota Istanbul di Turki. Konstantinopel kini adalah wilayah antara Tanduk Emas dan Laut Marmara di Istanbul. Nama aslinya adalah Bizantium (bahasa Yunani: Byzantion atau Βυζαντιον, dibaca Bii-ZAN-tii-on). Nama ini merujuk kepada kaisar Romawi Konstantin I yang menjadikannya ibukota kekaisaran Romawi pada 11 Mei 330 M. Konstantin menamakan kotanya Nova Roma (Roma Baru), namun nama tersebut tidak pernah digunakan secara umum.

Konstantinopel adalah ibukota Kekaisaran Romawi Timur. Pada masa Romawi Timur bangsa Yunani memanggil Konstantinopel i Poli (“sang Kota”), karena Konstantinopel merupakan pusat dunia Yunani dan untuk kebanyakan masa Romawi Timur, kota terbesar di Eropa. Ia direbut Perang Salib Keempat pada 1204 dan kemudian direbut kembali oleh pasukan Nikaea di bawah komando Michael VIII Palaeologus pada 1261.

Konstantinopel dan Kekaisaran Romawi Timur akhirnya jatuh kepada Kekaisaran Ottoman pada 29 Mei 1453. Bangsa Turki Ottoman memanggilnya kota Stamboul atau Istanbul, dari kata bahasa Yunani aslinya “eis tin poli” (ke kota.) Ketika Republik Turki dibentuk pada 1923, ibukotanya berpindah dari Istanbul ke Ankara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: