bisnis yacob

Utut Adianto Wahyuwidayat

Posted on: April 25, 2009


Utut Adianto Wahyuwidayat (lahir di Jakarta pada 16 Maret 1965) adalah seorang pecatur yang sering dianggap sebagai yang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Ia adalah grand master (GM) Indonesia berperingkat tertinggi di dunia saat ini.

Saat meraih gelar grand master, ia adalah pecatur Indonesia termuda yang berhasil mencapai prestasi ini, yaitu pada usia 21 tahun. Sejak saat itu, prestasi tersebut telah berhasil dilewati pecatur muda lainnya, Susanto Megaranto, yang menjadi GM pada usia 17 tahun. Utut sempat menjadi grand master super pada tahun 1995-1999, saat ELO ratingnya melebihi 2600.

Ia pernah masuk peringkat 100 besar dunia pada Juli 2001 dengan ELO rating 2598. Bersama dengan Machnan R. Kamaluddin, Ir. Eka Putra Wirya dan Kristianus Liem, ia mendirikan Sekolah Catur Utut Adianto pada 1 Juli 1993, yang telah melahirkan beberapa pecatur nasional.

Dari pernikahannya dengan Dr. Tri Hatmanti, ia mempunyai seorang anak bernama Mekar Melati Mewangi
Sore ini di Indosiar saya lihat berita tentang Deddy Corbuzier yang berniat menantang Grand Master Catur Utut Adianto bermain catur. Saya kira Deddy memang juga pemain catur dan telah mencapai peringkat yang memang pantas menantang Grand Master Utut Adianto.GM Utut Adianto

Tapi ternyata tidak, Deddy hanya mengandalkan kekuatan “magic”-nya untuk mengalahkan sang Grand Master bermain catur. Tapi dia berani (baca: tidak sungkan) menantang secara terbuka di depan pers segala dan sesumbar 80% bisa menang. Trus ditambah embel embel bahwa problem dia adalah bukan bagaimana untuk menang tapi bagaimana supaya tidak menimbulkan kehebohan setelah dia berhasil mengalahkan Utut.

Wah sungguh kepercayaan diri yang luar biasa. Setahu saya dalam dunia catur ada ukuran dimana seorang pemain dinilai keahliannya, ukuran tersebut bernama Elo Rating. Jadi tidak sembarangan main tantang menantang. Saya tidak tahu berapa Elo Rating dari Deddy sehingga dia berani menantang Utut.

Bagi Utut catur adalah hidupnya sedangkan bagi Deddy catur hanyalah salah satu permainan yang bisa digunakan untuk mencari sensasi di media. Seyogyanyalah Deddy menghormati semua itu. Apa yang dilakukan Deddy tidak lebih dari sebuah pelecehan untuk sebuah sensasi murahan. Kalau memang Deddy benar benar penasaran dengan kemampuan bermain caturnya maka dia lebih baik masuk ke catur profesional dan silahkan bertanding untuk mengalahkan semua lawan yang pernah di kalahkan oleh Utut.

Setelah dia memperoleh Elo Rating yang mumpuni saya rasa semua pihak akan legowo melihat duel Deddy vs Utut di papan catur. Sebelum itu terjadi maka lebih baik Deddy menyimpan niatnya atau silahkan lawan pemain yang lain saja.

Masruri RahmatAtau untuk mencairkan suasana siapa saja pemain catur amatir yang berani tampil menggantikan posisi Utut. Biar yang muda muda yang meladeni Deddy sebagai hiburan. Tidak usah GM muda sekelas Susanto Megaranto. Cukup pecatur cilik seperti Masruri Rahmat saya rasa sudah bisa membungkam arogansi Deddy Corbuzier.

from http://dendemang.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: